Selasa, 15 Maret 2011

Pendidikan Kejujuran

Pendidikan pada hakikatnya merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas manusia. Setiap proses pendidikan berusaha mengembangkan potensi individu seluas-luasnya sehingga memungkinkan individu dapat memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Mencermati perkembangan pendidikan dewasa ini, sedikit banyak mengalami pergeseran. Bahkan sebagian orang menganggap pendidikan telah gagal dalam peran membentuk masyarakat yang bermartabat dan bermoral. Yang terlihat dalam masyarakat banyak terjadi tindakan kurang terpuji yang didasari sikap hedonisme sehingga banyak orang suka menerabas untuk mencapai tujuan dengan menghalalkan segala cara tanpa peduli lagi pada etika moral, bahkan hukum pun dilanggarnya.

Mengkritisi pergeseran arah yang terjadi dalam pendidikan ini para ahli pendidikan mengusulkan perlunya pendidikan budipekerti, perlu dimasukkan pendidikan kejujuran dan anti korupsi, perlu dihidupkan lagi pendidikan kebangsaan. Tentu usulan-usulan ini bukan tidak berdasar. Pihak-pihak yang bersuara agar pendidikan di sekolah diperbaiki karena mereka sangat berharap agar pendidikan bisa menjadi alat untuk memperbaiki kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dan memang demikianlah sesungguhnya fungsi pendidikan sebagai agent of socio change.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar